Monday 3 August 2015

Cara Ngadepin Kakak yang Sok

Kita hidup di Indonesia itu gak lepas dari yang namanya senioritas. Senioritas itu ada di mana-mana, di keluarga, di sekolah, apalagi di kampus. Kalau di sekolah dan di kampus, udah jelas yang namanya kakak kelas pasti banyak yang sok. Sok keren, sok galak pas MOS/Ospek, sok ganteng, sampai sok jomblo juga ada. Ngaku jomblo ke adik kelas, taunya punya pacar di sekolah lain.

Kalau di keluarga, udah pasti kakak kandung kita adalah sosok kakak yang pastinya sok. Karena lahir duluan dan lebih tahu ini dan itu lebih awal, makanya dia sering tampil sok di depan adeknya. Kakak yang model gitu nyebelin. Iya kan? Pasti pada bilang iya, terutama yang punya kakak. Kalau yang gak punya kakak sih biasa aja pastinya. wk!

Terus, gimana dong caranya ngadepin kakak yang sok? Baiklah, ini dia cara ngadepin kakak yang sok.

-Laporin ke Mamah

Begini teman, gak akan ada kakak yang sok kalau gak ada adek yang gampang dipengaruhin dan ‘iya-iya’ aja sama semua omongan kakaknya. Sekali-kali, adek juga harus bisa punya kehendak sendiri. Kalau kakak kita ngeselin, laporin aja sama mama. Adek itu selalu benar, pasti mama bakal belain kita. Tapi hati-hati, cara ini bakal mendesak kakak buat bergerak lebih cerdik dan cari cara lain buat bikin kita terpojok.

-Jadi Lebih Pinter dari Dia

Cara lain menghadapi kakak yang sok adalah dengan menjadi lebih pinter dari dia. Caranya adalah kita harus tanya sama mama kalau kakak kita itu waktu sekolah nilainya kayak gimana. Belajarlah yang giat supaya nilai kita bisa lebih bagus dari kakak kita. Kalau nilai kita lebih bagus dari kakak kita, pati kakak kita bakal diem dan gak akan sok lagi di depan kita. Cara ini memeng lebih sulit dari cara yang pertama, tapi hasilnya udah gak bisa diragukan lagi.

-Cuekin Dia

Kalau kakak kamu mulai berulah, cobalah buat cuekin dia. Gak selamanya kakak kita itu benar. Dengan cuekin dia, dia bakal merasa capek sendiri nanttinya. Ibarat kalau pacar lagi marah, cuekin aja, nanti juga dia merasa kehilangan sendiri. Pasti balik lagi kalau udah kayak gitu. Jangan takut dibilang cuek, itu cool namanya. Anjing menggonggong, orang cool berlalu.

-Jujur

Cara ini adalah cara yang butuh keberanian lebih buat dilakukan, yaitu jujur. Jujur dalam hal apapun adalah berat buat dilakukan, karena jujur itu menyakitkan. Dalam hal ini, kita harus jujur sama kakak kalau kita itu merasa terganggu sama sikapnya. Lalu minta dia buat berubah, minta dia ngasih tau kita cara yang bener dalam melakukan sesuatu tapi jangan sok tahu. Tapi, cara ini kadang gagal kalau kakak kamu lebih cuek dari kamu. Dia paling cuma bakal bilang kalau itu semua berlebihan. Kalau udah kayak gitu, diemin aja. Yang penting kita udah ngasih tau. Biar dia yang mikir sendiri, kan dia udah gede. Lebih gede dari kita. Kwuk!

Kakak yang sok emang gak ada habisnya bikin kita semua kesel. Rasanya gak pengan punya kakak kaya dia, tapi apa daya dia lahir duluan sih, jadinya gak bisa ditolak lagi.

Sebenernya, kalau pengen dapet perhatian dari kakak (sekalipun yang sok itu gampang), tinggal jadi sakit atau jatoh dari sepeda, dia pasti jadi iba dan nolongin kita. Tapi kalau kamu udah sakit, udah jatoh dari sepeda dan kakak kamu masih sok aja, mending kamu free transfer aja lah ke kelaurga yang lain. Kwuk!

Kalau kalian yang punya kakak, ngadepin kakak kalian kalau lagi sok itu gimana?

No comments:

Post a Comment