Saturday 11 July 2015

5 Hal yang Harus Diintrospeksi Kalau Sampai Sekarang Kamu Masih Jomblo

Walaupun Indonesia menganut sila ke-5 yakni “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ternyata sila ini tidak sepenuhnya benar saudara-saudara sekalian. Masih banyak di luar sana jomblo-jomblo tanpa arah yang di saat orang lain udah sibuk ngurusin pacar, dia malah masih sibuk buat nyari-nyari pacar. Suram, sangat suram.

Tapi, taukah kamu kira-kira penyebab kejombloan kamu yang berlarut-larut itu apa? Nggak tau? Wah, kalau begitu ada beberapa hal nih yang harus kamu introspeksi kenapa sampe sekarang kamu masih jomblo:

-Penampilan
Coba mulai sekarang kamu berkaca. Ya, pastinya ngacanya di kaca, jangan di mangkok bubur. Hal ini wajib dilakukan agar kamu tau bentuk muka kamu itu seperti apa. Apakah termasuk bentuk yang normal, atau tidak. Apa jangan-jangan bentuknya segi enam? Maka dari itu, segeralah periksa secepatnya.

Setelah memastikan bentuk wajahmu normal, coba kamu amati penampilanmu sekarang. Apakah gayanya kuno? Atau trendi? Atau semi-alay? Kalau kuno dan semi-alay, segeralah ubah dandananmu secepatnya. Mungkin itu alasan kenapa kamu sampai sekarang masih jomblo.

-Lingkungan
Lingkungan sangat berpengaruh terhadap datangnya jodoh kita. Seandainya kamu lelaki, pastikan lingkunganmu jangan lelaki semua, tapi harus ada wanitanya. Yang kami takutkan, kalau kamu terbiasa melihat lelaki, yang ada malah kamu sukanya sama lelaki. Tapi, kalau memang di lingkunganmu lelaki semua, cobalah untuk melihat ke lingkungan lain, dan carilah wanita sesuai kriteriamu. Setelah ketemu, kenalan, dan dekati dia.

Ya begitu aja terus sampai kamu dapet pacar. Begitu juga dengan halnya perempuan.

-Usaha
Secakep-cakepnya kalian, tentunya tanpa usaha yang keras, kalian nggak akan bisa dengan mudah begitu aja bisa dapet pacar. Jadi, buat punya pacar, mau lelaki atau perempuan usahanya harus sama-sama keras. Jangan ada gengsi-gengsian. Kalau emang suka, tunjukin aja.

Setelah kamu usaha dan ternyata gagal, coba pikirkan lagi dalam-dalam. Usahanya udah cukup keras atau belum. Gitu.

-Doa
Sekeras-kerasnya usaha kalian buat punya pacar, tanpa doa (dan pastinya muka yang cakep), tentu saja nggak akan ada hasilnya. Kan, manusia cuma bisa berencana, semuanya Tuhan yang menentukan. Jadi, kalau dari dua pemilu kemarin sampai sekarang kamu masih belum punya pacar juga, coba tanya ke diri kalian sendiri dulu, udah doa apa belum. Gitu.

Minta doa orang tua juga jangan lupa. Penting itu.

-Pilihan
Kalau emang udah beberapa tahun kamu ngejomblo dan selama itu kamu emang males buat nyari pacar, bisa jadi dari kamunya emang lagi kepengin sendiri dulu tuh. Ya emang sih, daripada dipaksain buat pacaran tapi sebenernya belum mau, ya buat apa. Ujung-ujungnya malah nyakitin orang doang.

Lagipula, untuk bahagia juga nggak melulu harus berdua kok.

Nah, kamu udah jomblo berapa semester? Tau penyebabnya apa? Sini cerita sama om.

No comments:

Post a Comment